Ketika video mengerikan dan foto mayat muncul dari pinggiran kota Kyiv, Bucha, media yang didukung Kremlin mencela mereka sebagai tipuan yang rumit – sebuah narasi yang telah terbukti salah oleh jurnalis di Ukraina.

Mencela berita sebagai berita palsu atau menyebarkan laporan palsu untuk menabur kebingungan dan melemahkan musuh-musuhnya adalah taktik yang telah digunakan Moskow selama bertahun-tahun dan disempurnakan dengan munculnya media sosial di tempat-tempat seperti Suriah.

Dalam siaran terperinci kepada jutaan pemirsa, koresponden dan pembawa acara saluran TV pemerintah Rusia mengatakan Selasa bahwa beberapa bukti foto dan video pembunuhan itu palsu sementara yang lain menunjukkan bahwa orang Ukraina bertanggung jawab atas pertumpahan darah.

“Di antara yang pertama muncul adalah tembakan Ukraina ini, yang menunjukkan bagaimana tubuh tanpa jiwa tiba-tiba menggerakkan tangannya,” sebuah laporan Senin di siaran berita malam Russia-1 menyatakan. “Dan di kaca spion terlihat bahwa orang mati tampaknya mulai bangkit.”

Tapi citra satelit dari awal Maret menunjukkan orang mati ditinggalkan di jalan-jalan Bucha selama berminggu-minggu. Pada tanggal 2 April, sebuah video yang diambil dari sebuah mobil yang bergerak telah diposting online oleh seorang pengacara Ukraina yang menunjukkan mayat-mayat yang sama tersebar di sepanjang Jalan Yablonska di Bucha. Gambar satelit resolusi tinggi Bucha dari penyedia komersial Maxar Technology yang ditinjau oleh The Associated Press secara independen mencocokkan lokasi mayat dengan video terpisah dari tempat kejadian. Media Barat lainnya memiliki laporan serupa.

Selama akhir pekan, wartawan AP melihat mayat puluhan orang di Bucha, banyak dari mereka ditembak dari jarak dekat, dan beberapa dengan tangan terikat di belakang mereka. Setidaknya 13 mayat ditemukan di dalam dan di sekitar sebuah bangunan yang menurut penduduk digunakan sebagai pangkalan pasukan Rusia sebelum mereka mundur pekan lalu.

Namun pejabat Rusia dan media pemerintah terus mempromosikan narasi mereka sendiri, menirukannya di surat kabar dan di radio dan televisi. Sebuah berita utama di situs surat kabar populer pro-Kremlin, Komsomolskaya Pravda, menyematkan pembunuhan massal di Ukraina, dengan sebuah cerita yang mengklaim “satu lagi bukti tak terbantahkan bahwa ‘genosida di Bucha’ dilakukan oleh pasukan Ukraina.”

Sebuah kolom opini yang diterbitkan Selasa oleh kantor berita milik negara RIA Novosti menduga bahwa pembunuhan Bucha adalah taktik bagi Barat untuk menjatuhkan sanksi yang lebih keras kepada Rusia.

Analis mencatat itu bukan pertama kalinya dalam enam minggu invasi ke Ukraina bahwa Kremlin telah menggunakan strategi perang informasi untuk menyangkal kesalahan dan menyebarkan disinformasi dalam kampanye terkoordinasi di seluruh dunia.

“Inilah yang dilakukan Rusia setiap kali mengakui bahwa mereka telah mengalami kemunduran PR karena melakukan kekejaman,” kata Keir Giles, rekan konsultan senior dengan program Rusia dan Eurasia di lembaga pemikir Chatham House. “Jadi sistem ini bekerja hampir dengan autopilot.”

Sebelum perang, Rusia membantah laporan intelijen AS yang merinci rencananya untuk menyerang Ukraina. Bulan lalu, para pejabat Rusia mencoba untuk mendiskreditkan foto-foto AP dan pelaporan setelah pengeboman sebuah rumah sakit bersalin di kota pelabuhan Ukraina Mariupol, yang menewaskan seorang wanita hamil dan anaknya yang belum lahir.

Foto dan video dari Bucha telah memicu gelombang baru kecaman dan penolakan global.

Setelah penampilan videonya hari Selasa di Dewan Keamanan PBB, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyebutkan pembunuhan di Bucha oleh pasukan Rusia dan menunjukkan video grafis dari mayat yang hangus dan membusuk di sana dan di kota-kota lain. Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia menolak mereka sebagai dipentaskan.

Di media sosial, paduan suara lebih dari selusin akun Twitter dan Telegram resmi Rusia, serta halaman Facebook media yang didukung negara, mengulangi kalimat Kremlin bahwa gambar dan video orang mati dipentaskan atau tipuan. Klaim dibuat dalam bahasa Inggris, Spanyol dan Arab di akun yang dijalankan oleh pejabat Rusia atau dari outlet berita yang didukung Rusia Sputnik dan RT. RT en Espaol berbahasa Spanyol telah mengirim lebih dari selusin pos ke 18 juta pengikutnya.

“Rusia menolak tuduhan atas pembunuhan warga sipil di Bucha, dekat Kiev,” tulis RT en Espaol, Minggu.

Beberapa akun yang sama berusaha untuk mendiskreditkan klaim bahwa pasukan Rusia melakukan pembunuhan dengan menunjuk ke video Walikota Bucha Anatoliy Fedoruk, diambil 31 Maret, di mana ia berbicara tentang pinggiran kota yang dibebaskan dari pendudukan Rusia.

“Dia menegaskan bahwa pasukan Rusia telah meninggalkan Bucha. Tidak disebutkan mayat di jalan-jalan,” kata pejabat tinggi Rusia Mikhail Ulyanov di Twitter, Senin.

Tetapi Fedoruk telah secara terbuka mengomentari kekerasan sebelum pasukan Rusia pergi dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Italia Adnkronos pada 28 Maret, di mana ia menuduh mereka melakukan pembunuhan dan pemerkosaan di Bucha.

Dalam sebuah wawancara AP 7 Maret, Fedoruk berbicara tentang mayat yang menumpuk di Bucha: “Kami bahkan tidak dapat mengumpulkan mayat karena tembakan dari senjata berat tidak berhenti siang atau malam. Anjing-anjing menarik mayat-mayat di jalan-jalan kota. Ini mimpi buruk.”

Gambar satelit oleh Maxar Technologies saat pasukan Rusia menduduki Bucha pada 18 dan 19 Maret mendukung akun Fedoruk tentang mayat di jalan-jalan, menunjukkan setidaknya lima mayat di satu jalan.

Beberapa platform media sosial telah mencoba membatasi propaganda dan disinformasi dari Kremlin. Google memblokir akun RT, sementara di Eropa, RT dan Sputnik dilarang oleh perusahaan teknologi Meta, yang juga berhenti mempromosikan atau memperkuat halaman media negara Rusia di platformnya, termasuk Facebook dan Instagram.

Rusia telah menemukan cara untuk menghindari tindakan keras dengan posting dalam berbagai bahasa melalui lusinan akun media sosial resmi Rusia.

“Ini adalah alat perpesanan yang cukup besar yang dikendalikan Rusia — apakah itu akun kedutaan resmi, akun bot atau tol atau influencer anti-Barat — mereka memiliki banyak cara untuk menghindari larangan platform,” kata Bret Schafer, yang mengepalai tim manipulasi informasi di Aliansi untuk Mengamankan Demokrasi, sebuah wadah pemikir nonpartisan di Washington.

__

Penulis Associated Press Colleen Barry di Milan berkontribusi.

© Hak Cipta 2022 The Associated Press. Seluruh hak cipta. Materi ini tidak boleh dipublikasikan, disiarkan, ditulis ulang, atau didistribusikan ulang tanpa izin.